Hai Keluarga Alina! Apakah ada dari kalian yang memiliki kantung mata hitam? Kantung mata memang tidak menimbulkan rasa sakit, umumnya kantung mata timbul seiring dengan bertambahnya usia. Namun, keberadaan kantung mata cukup mengganggu penampilan, terlebih kaum hawa. Sebenarnya bagaimanakah terbentuknya hantung mata?

Memahami kantung mata hitam

Pada dasarnya, kurang tidur menjadi penyebab paling umum timbulnya kantung mata. kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit tipis mata melebar dan menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuk kantung mata. Namun, selain kurang tidur, beberapa hal di bawah ini adalah penyebab terbentuknya kantung mata :

Alergi

Pada rinitis alergi, terjadi peradangan di hidung oleh karena reaksi alergi. Gejala yang timbul meliputi bersin-bersin dan mata berair, dapat diiringi dengan timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

Penuaan

Penuaan dapat menyebabkan munculnya kantung mata karena seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, lemak yang berada di sekitar mata juga akan bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak atau membentuk kantung mata.

Pola makan yang tidak baik

Kekurangan cairan dan rendahnya asupan protein tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, tapi juga dapat memengaruhi area bawah mata Anda.

Stres

Stres dapat menyebabkan kulit dan jaringan tubuh menjadi lemah, hal ini juga dapat terjadi pada jaringan kulit di sekitar mata. Ketika jaringan kulit di sekitar mata melemah, maka kantung mata dapat terbentuk karena penumpukan cairan.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami

  1. Kompres dengan bahan alami, kompres mata dengan bahan alami seperti timun, kantung teh atau kentang yang sudah di dinginkan selama 10-15 menit. Aktivitas tersebut secara perlahan dapat merelaksasikan otot sekitar mata. Selain itu, minyak almond mengandung vitamin E yang mampu memudarkan warna gelap kantong mata
  2. Menjaga pola makan dan asupan gizi seperti vitamin dan mineral
  3. Mengurangi asupan garam berlebih untuk menghindari penumpukan cairan pada tubuh
  4. Cara lainnya adalah dengan melakukan perawatan ke dokter kecantikan seperti suntik filler, peeling hingga laser resurfacing
  5. Selain perawatan dari dokter kecantikan, mengurangi kantung mata dapat dilakukan melalui prosedur operasi yang dinamakan blepharoplasty atau operasi kelopak mata. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk usia di atas 35 tahun.

Bagaimana sahabat alina, kira-kira cara paling mana yang akan anda coba? Pastikan sebelum mengambil tindakan, konsultasi kan terlebih dahulu kepada dokter anda ya. Lakukan pencegahan dengan gaya hidup sehat! Stay safe and healthy!

Source :

  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/diagnosis-treatment/drc-20369931
  2. https://www.alodokter.com/mengatasi-lingkaran-hitam-dan-kantong-mata
Leave a Reply