Halo keluarga alina, bagaimana kabarnya? Alina doakan kalian semua sehat-sehat saja, ya. Kali ini Alina bakal ngobrolin masalah yang berkaitan dengan pintu rezeki. Perlu keluarga Alina tahu lho bahwa bentuk rezeki bukan hanya dalam bentuk uang. Apa saja sih bentuk-bentuk rezeki? Di antaranya ada rezeki yang berupa kesehatan, sahabat, waktu, ketenangan, keluarga dan sebagainya.

Mungkin sebagian dari keluarga Alina banyak yang belum menyadari bentuk-bentuk rezeki, akibatnya hanya berorientasi dalam bentuk uang. Hal inilah yang mungkin membuat keluarga alina melewatkan rezeki-rezeki dalam bentuk lain.

Rezeki dalam konsep Agama Islam berarti segala sesuatu yang bermanfaat, berdaya guna bagi setiap makhluk, serta dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber kehidupan.  Dalam hidup ini, seseorang kadang diberikan kelapangan rezeki. Sebaliknya, terkadang rezeki dirasakan sempit, sehingga orang yang lemah hatinya kemudian berkeluh-kesah. Padahal, pintu-pintu rezeki amat luas, beberapa pintu rezeki di antaranya:

  1. Rezeki yang telah dijamin

Rezeki yang telah dijamin, artinya setiap makhluk Tuhan sudah memiliki catatan masing-masing sebelum mereka diciptakan, bahwa Tuhan sudah menjamin rezeki bagi setiap makhluknya sesuai dengan porsinya masing-masing.

  1. Rezeki karena hasil usaha

Pernahkah keluarga Alina mendengar ungkapan sebuah pepatah bahwa

“hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha”?

Alina yakin, pasti ungkapan tersebut sudah tidak asing di telinga kita kan? Nah, benar saja, jika kita membandingkan di luar sana ketika kita melihat orang – orang sukses, kemudian membaca bagaimana perjalanan hidup mereka, kita akan menemukan satu kesamaan, yaitu mereka adalah orang-orang yang bekerja keras dalam hal usaha untuk mendapat apa yang mereka cita-citakan. Sekarang mari kita menilik apa yang ada di dalam diri kita masing-masing, renungkan apakah kita sudah berusaha semaksimal mungkin dalam berusaha untuk menggapai apa yang mau didapat?

  1. Rezeki karena rasa bersyukur

Tuhan sudah menjamin bahwa jika kita sering-sering bersyukur maka Tuhan akan menambahkan nikmat yang Tuhan berikan ke keluarga alina lho. Semakin kita bersyukur semakin kita merasa bahwa hidup kita semakin lapang, yang secara tidak langsung akan menambah rezeki kita lho, misalnya dalam bentuk kesehatan.

  1. Rezeki karena menikah

Keluarga Alina pasti bertanya-tanya ya, kok bisa menikah termasuk rezeki? Menikah akan menyatukan rezeki dua orang, selain itu menikah juga merupakan ibadah lho. Tuhan akan menambah rezeki bagi orang orang yang beribadah kepada-Nya.

5. Rezeki karena anak

Anak merupakan berkah dari tuhan, keberadaanya juga mendatangkan rezeki bagi orang tuanya. 

6. Rezeki karena sedekah

“Berbagi tidak akan membuatmu miskin”

Begitulah ungkapan yang sering kita dengar ya keluarga Alina. Keluarga Alina jangan pernah takut untuk berbagi karena pasti Tuhan akan memberikan rezeki yang berlebih. Contoh, Agama Islam mengajarkan bahwa setiap kali kita bersedekah, Allah SWT pasti akan mengganti sebanyak 700 kali lipat. Jumlah yang sangat besar ya! Jadi mulai sekarang keluarga Alina tidak perlu merasa khawatir ya untuk berbagi, karena Tuhan sudah menjamin bahwa apa yang kita bagikan akan diganti dengan sesuatu yang lebih.

Selain pintu rezeki di atas, dalam Agama Islam ada juga yang namanya pintu rezeki karena memohon ampun/istighfar.

Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat.” 

Alquran surah Nuh ayat 10 dan 11

Refrensi

https://www.kompasiana.com/www.haniffaiffa.com/5c2491f1677ffb22d8300cc2/definisi-sahabat

https://tuhanyesus.org/ayat-alkitab-tentang-rejeki

https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/pqn9c2458/apa-saja-delapan-pintu-rezekihttps://www.karyawanesia.com/pintu-rezeki/

Leave a Reply