Girls, buat kamu yang bekerja kantoran atau indoor belum tentu kulitmu akan selalu glowing lo. Air Conditioner (AC) di ruang kerja kamu dapat membuat kulit kering dan mengiritasi mata. Kali ini Alina akan membagikan 5 tips tetap glowing di balik meja kerja.

Setelah seharian duduk berjam-jam di ruang kerja tanpa menyadari bahwa AC perlahan tapi pasti membuat kulit kering, kamu kembali ke rumah untuk beristirahat dan menghidupkan AC kembali. Ya, itulah kebiasaan yang tanpa kamu sadari membuat kamu gak glowing lagi. Berikut ini 5 tips tetap glowing di balik meja kerja

  1. Menyebabkan Kulit Kering

Meskipun AC sangat membantu paru-paru dengan cara menyaring polutan dari lingkungan, ternyata AC juga menurunkan kelembaban udara. Seiring waktu, kelembapan udara yang rendah dapat mengurangi kelembapan kulit dan membuatnya kering [1,2,3]. Saat berada di ruangan ber-AC, kulit kehilangan kemampuan menghasilkan keringat. Akibatnya, lapisan epidermis kehilangan kelembapan yang menyebabkan kulit menjadi tidak elastis, kusam, berkerut, dan gatal [2].

AC juga menyebabkan gangguan regenerasi kulit. Saat kamu keluar di bawah terik matahari tepat setelah dari ruangan ber-AC, kulit akan kehilangan kemampuan melawan perubahan suhu lingkungan akibat kurangnya kelembaban kulit [2]

  • Menyebabkan Mata Kering

AC dapat membuat beberapa kondisi mata memburuk lebih cepat dan memberikan efek lebih buruk pada pengguna lensa kontak. Hal ini karena kelembapan udara yang rendah menyebabkan mata menjadi kering, gatal serta iritasi. Sindroma mata kering akibat AC ini menimbulkan gejala seperti rasa terbakar, perih, perdarahan mukosa mata dan penglihatan kabur [2,4].

  • Menyebabkan Dehidrasi

Efek lain dari AC untuk adalah dapat membuat kamu merasa terlalu dingin sehingg rasa haus berkurang. Hal ini menyebabkan tubuh kamu dehidrasi yang selanjutnya memicu dampak buruk bagi kesehatan [4].

5 tips tetap glowing di balik meja kerja

Atasi dampak buruk dari AC dengan 5 hal penting berikut ini yang akan membuat kamu tetap glowing from nine to five.

  1. Jaga kelembapan kulit meskipun saat memakai make up

Produk Humectant Mist adalah cara cepat untuk melembapkan kulit tanpa merusak make up. Cari bahan penahan air seperti gliserin, asam hialuronat, dan glikol untuk menyeimbangkan kembali kandungan air dalam kulitmu. Produk Antioxidant Spray juga dapat kamu pilih untuk menetralkan radikal bebas dari polusi selama berada di perjalanan [2].

2. Gunakan krim untuk tangan

Kulit di tangan sering menua lebih cepat daripada kulit wajah karena lebih tipis, terkena banyak sinar matahari, dan sering diabaikan. Gunakan krim tangan setiap kali setelah mencuci tangan dan lihat perubahannya [2].

3. Ulangi pemakaian tabir surya setiap sebelum keluar

Tabir surya melindungi dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA menyebabkan penuaan dini pada kulit yaitu keriput dan bintik-bintik penuaan. Sedangkan sinar UVB menyebabkan kulit terbakar. Gunakan tabir surya dengan SPF ≥30 untuk memperoleh perlindungan terbaik [5].

4. Jaga kelembapan mata

Menatap layar komputer dalam jangka waktu lama dan paparan udara AC di ruangan kantor dapat membuat mata kering. Selalu sediakan tetes mata pelumas untuk menjaga mata tetap lembap dan terhindar iritasi [2].

5. Minum cukup air

Selalu sempatkan untuk mengkonsumsi air yang cukup selama bekerja meskipun berada di dalam ruangan. Kebutuhan cairan per hari adalah 3,7 liter untuk laki-laki dan 2,7 liter untuk perempuan [2].

Bagaimana? Mudahkan girls untuk diterapkan? [MIF]

Referensi

  1. Ghosh, C., 2021. The Truth About Air Conditioners and Your Skin | Dermafique. [online] Dermafique – ITC. Tersedia di: (https://www.dermafique.com/canvas/truth-about-air-conditioners-and-your-skin/) [Diakses pada 8 Maret 2021].
  2. Cobb, C., 2019. How to Maintain Hydrated Skin in an Air-Conditioned Room. [online] Healthline. Tersedia di: (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/office-items-prevent-aircon-skin-dehydration#drink-water) [Diakses pada 8 Maret 2021].
  3. Bogart, N., 2012. Top 5 health problems associated with air conditioning. [online] Global News. Tersedia di: (https://globalnews.ca/news/258330/top-5-health-problems-associated-with-air-conditioning/) [Diakses pada 8 Maret 2021].
  4. Willis, A., 2018. 8 Side Effects of Air Conditioning on Your Health You Need to Know. [online] PHS Engineers LTD. Tersedia di: (https://phsengineersltd.co.uk/side-effects-air-conditioning/) [Diakses pada 8 Maret 2021]..
  5. Heise, C., 2019. How to choose the best sunscreen, according to these dermatologists. [online] NBC News. Tersedia di: (https://www.nbcnews.com/better/lifestyle/how-choose-best-sunscreen-according-these-dermatologists-ncna1002451) [Diakses pada 8 Maret 2021].
Leave a Reply