Memiliki kulit bebas jerawat mungkin menjadi mimpi setiap orang. Untuk mewujudkan bebas jerawat, banyak hal bisa dilakukan, dan jangan kuatir, disini kita akan bahas tuntas semua solusi bebas jerawat

Jerawat atau dalam Bahasa Latin Acne Vulgaris adalah suatu keradangan kronis yang ditandai dengan adanya komedo ataupun benjolan kecil pada bagian tubuh, terutama muka, bahu, lengan bagian atas, dada, dan punggung[1]. -PEJUANG BEBAS JERAWAT-

BEBAS JERAWAT Jerawat biasanya muncul pada usia dewasa muda, yaitu umur 14-17 tahun pada wanita dan 16-19 tahun pada pria[2]. Namun, tidak menutup kemungkinan semua orang dapat mengalaminya. Jerawat dapat terjadi karena peningkatan produksi sebum, proses keratinisasi, ataupun karena infeksi bakteri.  Proses terjadinya jerawat sangat kompleks dan dipengaruhi banyak faktor, dintaranya[1]:

  • Keturunan
  • Stres dan emosi
  • Musim, termasuk sinar UV, kelembapan udara, dan suhu.
  • Diet
  • Menstruasi (70% wanita akan berjerawat 2-7 hari sebelum menstruasi)
  • Obat-obatan (kortikosteroid, Vit.B12, yodida, androgen)
  • Kosmetik

Akibat yang dapat ditimbulkan jerawat diantaranya bekas jerawat permanen, estetika menurun, depresi, dan kecemasan[3]. Tapi tenang saja, jerawat bisa dicegah kok dalam 10 hari saja. Tidak harus dengan perawatan wajah yang mahal, namun cukup dengan 7 langkah bebas dari jerawat, diantaranya:

1. Hindari menyentuh wajah | BEBAS JERAWAT

Jika menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, maka kuman dari tangan akan berpindah ke wajah dan akan memicu munculnya jerawat. Sebaiknya hindari menyentuh wajah atau mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah[4].

2. Mencuci muka dengan benar

Cuci muka yang benar adalah sebanyak 2 kali sehari dan setelah berkeringat, misalnya setelah memakai topi atau helm dalam jangka waktu lama. Keringat dapat menyumbat pori-pori dan memicu terjadinya jerawat[7].

Usahakan mencuci muka menggunakan ujung-ujung jari secara perlahan. Penggunaan sponge atau kain pembersih muka akan membuat kulit iritasi.  Gunakanlah sabun cuci muka yang tidak mengandung alkohol. Bilas wajah anda dengan air hangat. Keringkan wajah dengan handuk lembut[4].

3. Jaga pola makan

Menjaga pola makan yang benar adalah salah satu langkah bebas dari jerawat. Sebaiknya hindari konsumsi gula dan lemak berlebihan karena sering kali menyebabkan munculnya jerawat.

Susu,khususnya skim milk juga sering menyebabkan jerawat kambuh. Menurut penelitian, konsumsi makanan dengan index glikemik yang tinggi akan rentan terkena jerawat. Makanan tersebut seperti keripik kentang, kue yang terbuat dari tepung, dan soft drinks[3].

4. Batasi penggunaan make up berlebihan

Penggunaan make up memang bisa menutupi wajah  ketika sedang berjerawat, namun hal itu hanya sesaat. Make up yang berlebihan akan membuat pori-pori tersumbat sehingga bisa menimbulkan jerawat. Untuk itu, satu langkah bebas dari jerawat yakni dengan membatasi penggunaan make up atau tampil senatural mungkin.

5. Hindari stres

Penelitian menunjukan ketika kita stres, tubuh memproduksi hormone yang menstimulasi produksi minyak berlebih, sehingga lebih rentan terkena jerawat. Beberapa cara untuk menghindari stress, yakni dengan bersantai, pijat, yoga, aromaterapi, dan meditasi[5].

6. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan

Sinar matahari dapat merusak dan membuat kulit menjadi kering. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka kulit kering dapat membuat produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Hindari sinar matahari yang berlebihan dengan menggunakan sunscreen[5].

7. Banyak minum air putih

Kekurangan air dalam tubuh akan membuat kulit semakin dehidrasi dan menjadi kering. Kulit yang kering akan rentan terkena jerawat. Untuk itu, usahakan minum air putih sebanyak 2 liter sehari[6].

Bagaimana tips diatas? Tidak sulit bukan untuk dapatkan bebas jerawat dalam 10 hari saja.

Referensi:

  1. Bag/SMF Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin ,2005, Pedoman Diagnosis dan Terapi, Surabaya, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.
  2. Djuanda , Adhi., etal,  1993, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Jakarta,  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
  3. Oon, Hazel H., et al, 2019, Acne Management Guidelines by The Dermatological Society of Singapore, The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, V.12(7) 34-50, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6715335/ (dilihat 17 Februari 2021).
  4. American academy of dermatology (AAD) Association. Acne: Tips for Managing. https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/tips (dilihat 17 Februari 2021).
  5. McDermott, Annete, 2019, How to Prevent Pimples, https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-pimples#hydrate (dilihat 17 Februari 2021).
  6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2018, Berapa takanan normal air agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh?, http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infograpihc-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/14/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh (dilihat 17 Februari 2021).
  7. Ashari, Wira 2020, Rajin Mencuci Masker Agar Kulit Tak Berjerawat| Simak Kata Dokter Berikut Ini, Alinamed, https://alinamed.com/blog/index.php/2020/07/24/mencuci-masker-hindari-jerawat-ala-dokter/  (dilihat 17 Februari 2021).

Leave a Reply