Penggunaan tabir surya atau sunscreen sebelum ke luar rumah kini tidak lagi menjadi kegiatan yang rutin dilakukan karena aktivitas yang lebih banyak di rumah. Namun ternyata sunscreen tetap penting untuk digunakan di dalam rumah saat pandemi COVID-19 seperti ini. Yuk ketahui lebih dalam mengenai pentingnya memakai sunscreen!

Perlukah memakai sunscreen meski hanya di rumah?

Selama berada di dalam ruangan atau ketika cuaca sedang mendung, banyak orang yang merasa bahwa kulitnya tidak sedang terpapar matahari, sehingga tidak perlu memakai sunscreen. Perlu diketahui bahwa matahari merupakan sumber utama sinar ultraviolet (UV). Berdasarkan panjang gelombang, terdapat tiga macam sinar UV yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVC merupakan sinar dengan panjang geombang paling pendek dan terfiltrasi sepenuhnya oleh atmosfer shingga sehingga tidak sampai ke bumi (1).

Sedangkan sinar UVA dan UVB memiliki gelombang yang cukup panjang sehingga dapat sampai ke bumi. Sinar UVB dapat mencapai lapisan terluar kulit (epidermis) dan menyebabkan sunburn. Paparan UVB dalam waktu lama dan terus menerus juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Sinar UVA memiliki gelombang yang paling panjang dan merupakan 95% dari keseluruhan radiasi yang mencapai bumi. Paparan sinar UVA dapat menembus jendela dan mencapai hingga lapisan tengah kulit (dermis), menyebabkan tanning, penuaan dan kerutan dini pada kulit (1). Karena sinar UVA yang dapat menembus melewati jendela dan kaca, sunscreen tetap harus digunakan meski sedang dalam ruangan dan tidak terpapar matahari secara langsung.

Apa pentingnya memakai sunscreen?

Paparan sinar matahari dalam waktu lama dan secara terus menerus dapat menimbulkan beberapa masalah bagi kesehatan. Penggunaan photoprotector sebagai pelindung akan paparan sinar UV matahari sangat dianjurkan. Pakaian, topi, kacamata, makeup dan sunscreen merupakan beberapa macam photoprotector yang dapat digunakan setiap harinya(2). Pemanfaatan sunscreen sebagai pelindung akan sinar matahari terus dikembangkan. Berikut manfaat yang dapat didapatkan dari penggunaan sunscreen secara rutin:

  • Mengurangi resiko terkena kanker kulit

Paparan sinar UVA dan UVB dalam waktu lama dapat merusak DNA dan menyebabkan mutasi sel yang memicu terjadinya kanker kulit (2). Penggunaan sunscreen secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker kulit terutama jenis melanoma dan squamous cell carcinoma(3).

  • Mencegah penuaan dini

Paparan sinar matahari dalam jangka panjang dapat menghilangkan elastisitas kulit dan menyebabkan munculnya kerutan di kulit. Sinar UV juga dapat menyebabkan timbulnya tanda penuaan kulit yang lain seperti bercak kehitaman (melasma)(3). Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dan membantu dalam pencegahan penuaan dini pada kulit

  • Melindungi kulit dan mencegah kerusakan kulit

Sinar matahari dapat menyebabkan sunburn dan meningkatkan aktivitas melanosit untuk menghasilkan lebih banyak melanin yang dapat menyebabkan kulit terlihat lebih gelap (tanning) (3). Penggunaan sunscreen dapat mengurangi efek sunburn dan tanning yang didapat karena paparan sinar matahari

Bagaimana cara mengaplikasikan sunscreen saat sedang #DiRumahAja?

Sunscreen dapat efektif melindungi kita dari sinar matahari apabila digunakan dengan cara yang tepat. Sunscreen dengan SPF minimal 30, resisten air dan broad spectrum (dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB) memiliki efektifitas yang lebih tinggi untuk melindungi kulit di dalam rumah. Jumlah sunscreen yang dianjurkan untuk digunakan yaitu sekitar satu ons untuk seluruh tubuh atau sekitar dua ruas jari untuk bagian wajah dan leher. Reaplikasi sunscreen setiap dua jam juga dianjurkan untuk mendapat perlindungan yang maksimal. Jika hendak keluar, sunscreen sebaiknya digunakan selama lima belas menit sebelumnya(4) (QRA).

Reference

  1. World Health Organization (WHO). 2016. Radiation: Ultraviolet (UV) Radiation. Accessed on: https://www.who.int/news-room/q-a-detail/radiation-ultraviolet-(uv)
  2. Gabros et al, 2020. Sunscreen and Photoprotection. StatPearls. Accessed on: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK537164/
  3. Geoffrey et al, 2019. Sunscreen Products: Rationale for Use, Formulation Development and Regulatory Consideration. Elsevier. Accessed on: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6978633/#:~:text=Sunscreens%20act%20by%20preventing%20and,the%20skin%20to%20UV%20exposure.
  4. American Academy of Dermatology Association. How to Apply Sunscreen. Accessed on: https://www.aad.org/public/diseases/skin-cancer/prevent/sunscreen-apply#:~:text=Most%20adults%20need%20about%201,of%20your%20feet%20and%20legs.
  5. Nurmalasari, Mifta, 2021. 5 Tips Tetap Glowing di Balik Meja Kerja. Alinamed. https://alinamed.com/blog/index.php/2021/03/09/5-tips-tetap-glowing-di-balik-meja-kerja
Leave a Reply