Vaksin gotong royong, apakah aman? Berapa biaya yang perlu dikeluarkan? Yuk simak artikel berikut!

Sebagai upaya untuk mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi COVID-19 di Indonesia, pemerintah mengadakan pelaksanaan vaksin gotong royong. Vaksinasi gotong royong adalah program vaksinasi yang ditujukan kepada karyawan/karyawati, keluarga, atau individu terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung dan dibebankan pada badan hukum atau badan usaha(1). Ketentuan mengenai pelaksanaan vaksinasi gotong royong telah diatur dan dijelaskan secara lengkap dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 tahun 2021. Berikut ini lima fakta penting mengenai vaksinasi gotong royong yang perlu kamu ketahui:

Biaya vaksin gotong royong

Biaya vaksinasi gotong royong akan sepenuhnya dibebankan kepada perusahaan, badan hukum, atau badan usaha yang terkait. Karyawan atau karyawati serta keluarganya akan mendapatkan vaksin secara gratis dan tidak akan dipungut biaya apapun(2). Harga dari jenis vaksin yang perlu dibayarkan oleh badan hukum atau badan usaha ditetapkan setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonoian, ahli, akademisi, dan aparat hukum. Tarif vaksinasi yang dikenakan tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh pemerintah(3).

Jenis vaksin yang digunakan

Jenis vaksin yang akan digunakan adalah vaksin Sinopharm dan vaksin Cansino Biologics. Pemerintah telah melakukan kontrak pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis dan vaksin Cansino Biologics sebanyak 5 juta dosis(3). Vaksinasi gotong royong tidak diperkenankan menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Novavax, dan Pfizer yang digunakan dalam program vaksinasi gratis dari pemerintah(4).

Keamanan vaksin gotong royong

Vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong harus sudah mendapatkan izin penggunakan di masa darurat (EUA) dan penerbitan nomor izin edar (NIE) dari badan pengawas obat dan makanan (BPOM) sesuai ketentuan peraturan perundangan. Pelayanan vaksinasi gotong royong juga mengacu pada standar pelayanan dan standar prosedur operasional sesuai dengan teknis dan peraturan vaksinasi. Program ini akan dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan swasta yang telah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan pemerintah(4). Mekanisme penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) untuk vaksinasi gotong royong juga sama dengan mekanisme penanganan KIPI untuk program vaksinasi pemerintah(2).

Distribusi vaksin gotong royong

Pengadaan vaksinasi gotong royong merupakan tanggung jawab Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Bio Farma. Pendistribusian vaksin dilakukan oleh PT Bio Farma ke fasyankes milik swasta yang sudah bekerjasama dengan badan hukum atau badan usaha terkait. Fasyankes yang melakukan vaksinasi gotong royong harus melakukan pencatatan dan pelaporan langsung kepada Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota setempat(2).

Pelaksanaan vaksinasi gotong royong tidak mengganggu program vaksinasi pemerintah

Koordinator PMO Komunikasi Publik KPCPEN dan Jubir Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi gotong royong tidak akan mengganggu jalannya program vaksinasi pemerintah. Hal ini dikarenakan jenis vaksin yang digunakan serta fasyankes yang melayani pelaksanaan vaksinasi gotong royong berbeda dengan program vaksinasi pemerintah.  

Vaksinasi gotong royong merupakan salah satu upaya untuk mempercepat dan memperluas cakupan imunisasi Covid-19 untuk mencapai adanya kekebalan kelompok. Jangan ragu dan segera lakukan vaksin Covid-19 apabila anda telah terdaftar[5]. (QRA)

Referensi:

  1. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Accessed on: https://persi.or.id/wp-content/uploads/2021/02/pmk10-2021.pdf
  2. Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, 2021. Vaksinasi Gotong Royong Gratis Bagi Karyawan, Karyawati, dan Keluarga. Accessed on: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210316/3537262/vaksinasi-gotong-royong-gratis-bagi-karyawan-karyawati-dan-keluarga/
  3. Kompas.com, 2021. Vaksinasi Gotong Royong: Tarif, Jenis Vaksin, dan Cara Pendaftarannya.
  4. Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, 2021. Vaksinasi Gotong Royong Tak Akan Ganggu Program Pemerintah. Accessed on: https://www.kemkes.go.id/article/view/21022700001/vaksinasi-gotong-royong-tak-akan-ganggu-program-pemerintah.html
  5. Izzati, Nabila, 2021, Penyintas Mendapatkan Vaksin COVID-19, Perlukah?. Alinamed. Accessed on: https://alinamed.com/blog/index.php/2021/02/13/penyintas-mendapatkan-vaksin-covid-19-perlukah/
Leave a Reply