Dokter Faheem Younus, dokter asal Amerika Serikat mendadak jadi pusat perhatian para warganet Indonesia, siapa sih sebenarnya beliau?

Setelah Dokter Faheem Younus menulis unggahan di akun twitter pribadinya tentang Covid-19 di Indonesia, warganet banyak yang menjadi penasaran. Hal yang mengejutkan adalah ketika beliau memberikan komentar dan informasi tentang Covid-19 dengan berbahasa Indonesia, berikut beberapa fakta tentang beliau!

Sosok berpengaruh dan berpengalaman menangani penyakit infeksi di Amerika Serikat[1]

Sejak tahun 2001 hingga sekarang, Faheem Younus, MD merupakan seorang Kepala Departemen Penyakit infeksi dan Vice President di Universitas Maryland Upper Chesapeake Health. Beliau juga telah lebih dari 12 tahun bergabung dalam organisasi penyakit Infeksi Amerika Serikat, yaitu Infectious Disease Society of America (IDSA). Selama 3 tahun, beliau tergabung dalam American College of Physicians, khususnya di bagian penyakit infeksi. Selama hampir 20 tahun, beliau menjadi staf pengajar penyakit infeksi untuk mahasiswa kedokteran dan para residen di Universitas Maryland Upper Chesapeake Health. Beliau telah dipercaya menjabat sebagai Chief Quality Officer di Rumah Sakit Universitas Maryland Upper Chesapeake dan Rumah Sakit Universitas Maryland Harford Memorial. Dokter satu ini juga aktif menulis di media internasional seperti The Huffington Post, Washington Post, Christian Science Monitor, dan Baltimore Sun.

Menerima Penghargaan dari Presiden Barrack Obama tahun 2008[1]

Merupakan seorang dokter yang berdedikasi tinggi, Faheem Younus, MD mendapatkan penghargaan President Service Award langsung dari Presiden Barrack Obama pada tahun 2008 atas keaktifannya sebagai dokter relawan. Seorang dokter penyakit dalam sub-spesialis penyakit infeksi lulusan State University of New York ini juga mendapat beberapa penghargaan. Beliau berhasil menyabet Governor Volunteer Award (2011), Physician of The Year (2004) dan Champion of Care (2011) di Rumah sakit Universitas tempat ia bekerja, serta Baltimore Magazine Top Doc (2017).

Dokter Amerika yang Menguasai berbagai macam bahasa[1]

Selain ahli dalam bidangnya, dokter Faheem fasih berbahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa di beberapa negara bagian India, bahasa Urdu yang merupakan bahasa nasional Pakistan. Beliau juga sering menulis unggahan berbahasa Indonesia di akun twitter pribadinya.

Aktif berbagi informasi tentang Covid-19 untuk warga Indonesia[2]

Meningkatnya angka kasus baru Covid-19 di Indonesia tampaknya menarik perhatian beliau. Pemilik akun twitter Faheem Younus, MD ini kerap membagikan beragam informasi dan komentar tentang perkembangan Covid-19 di Indonesia. Beliau mengingatkan warga Indonesia untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus Covid-19, memberikan tips isolasi mandiri di rumah, dan mengajak untuk melakukan vaksinasi. Terbaru, beliau juga mengomentari sebuah merek susu yang sedang menjadi tren panic buying di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa merek susu tersebut tidak ada kaitannya untuk menyembuhkan Covid-19.

Dokter Amerika yang Pernah disangka sebagai penyebar informasi hoax[3,4]

Pada  Juni 2020, viral edaran pesan berantai Whatsapp mengatasnamakan Faheem Younus, MD yang berisi “17 pernyataan tentang Covid-19” adalah hoax. Menanggapi hal tersebut, melalui akun pribadi twitter-nya, Faheem Younus, MD memberikan klarifikasi bahwa pesan berantai itu bukanlah miliknya dan beredar tanpa persetujuannya. Beliau mengatakan hanya menyebarkan informasi melalui akun twitter dan tidak pernah melalui akun media sosial lainnya. Kominfo meluruskan fakta tersebut pada November 2020.

Jadi, bagaimana? Sudahkah kalian mengikuti akun beliau di twitter? Ternyata beliau memang seorang ahli berpengalaman di bidang infeksi dan memiliki banyak prestasi. Jangan lupa untuk selalu update informasi terbaru dari sumber terpercaya tentang Covid-19, ya! Stay safe and healthy!(LIO).

Referensi:

1. LinkedIn, 2021. Faheem Younus, MD, FIDSA, FACP, CPE., https://www.linkedin.com/in/faheemyounus/ [Dilihat 6 Juli 2021]

2. Twitter, 2021. Faheem Younus, MD. https://twitter.com/FaheemYounus [Dilihat 6 Juli 2021]

3.  Kominfo, 2020. [HOAKS] Pernyataan Dr. Faheem Younus, MD Tentang Covid-19. https://www.kominfo.go.id/content/detail/30952/hoaks-pernyataan-dr-faheem-younus-tentang-covid-19/0/laporan_isu_hoaks [Dilihat 6 Juli 2021]

4. Twitter, 2020. Faheem Younus, MD status on 7 June 2020. . https://twitter.com/FaheemYounus/status/1269332316540801024 [Dilihat 6 Juli 2021]

5. Aina, Q., 2021. Alami Efek Samping Setelah Vaksin COVID-19? Jangan Panik!, https://alinamed.com/blog/index.php/2021/06/28/alami-efek-samping-vaksin-covid-19-jangan-panik/ [Dilihat 6 Juli 2021]

Leave a Reply