Pengertian Gangguan Penyesuaian

Gangguan penyesuaian adalah gangguan mental emosional yang terjadi dalam satu bulan setelah munculnya stresor psikososial. Stesor tersebut dapat berasal dari perubahan situasi kehidupan.

Gejala Gangguan Penyesuaian

Beberapa gejala yang dapat muncul pada pasien dengan gangguan penyesuaian, yaitu:

  1. Gangguan mood, yakni berupa perubahan suasana perasaan antara sedih atau depresif dan senang secara bergantian.
  2. Aanxietas atau kecemasan yang dapat ditunjukkan melalui manifestasi klinis jantung berdebar, nafas cepat, mulut kering, keluhan lambung, kaki dan tangan terasa dingin, dan disertai rasa was-was.
  3. Stres Disorder, yakni gangguan yang muncul sebagai akibat dari adanya stresor.
  4. Gangguan somatoform, yakni pasien menunjukkan keluhan somatis yang tidak dapat dijelaskan dengan adanya gangguan depresif, anxietas, atau penyakit medis.
  5. Gangguan tingkah laku, yakni adanya perubahan pola perilaku atau tingkah laku yang berbeda dari keseharian individu.

Penyebab Gangguan Penyesuaian

Penyebabnya yaitu munculnya stresor psikososial yang stressful bagi individu karena bersifat perubahan situasi kehidupan.

Faktor Resiko

Faktor resiko tergantung kemampuan individu dalam mengatasi stressor tersebut.

Diagnosis

Penegakan diagnosis gangguan penyesuaian tergantung pada evaluasi terhadap hubungan antara

  1. Bentuk, isi, dan beratnya gejala
  2. Riwayat sebelumnya dan tipe kepribadian
  3. Kejadian, situasi yang stresful, atau krisis kehidupan

Ketiga faktor tersebut harus jelas dan terdapat bukti yang kuat bahwa gangguan tersebut tidak akan terjadi seandainya tidak mengalami hal tersebut(2).

Pengobatan

Pengobatan utama pada dasarnya adalah psikoterapi suportif untuk meningkatkan kemampuan menghadapi situasi terhadap stresor dan untuk membentuk dukungan yang cukup. Dukungan ini dapat berupa pertolongan seperti bantuan pengasuhan anak, dukungan keuangan, pekerjaan, dan kontak dengan kelompok dukungan tertentu agar adaptasi bisa maksimal. Pengunaan obat-obatan dimungkinkan apabila gejala-gejala menimbulkan distres dan persisten, misalnya pada depresi, atau ketika penanganan psikologis tidak berhasil(1).

Pencegahan

Gangguan penyesuaian timbul secara situasional  bergantung pada  kemampuan individu terhadap stresor yang diterima sehingga pencegahan seperti menghindari penggunaan alkohol akan dapat membantu peningkatan angka pemulihan, terutama pada remaja agar tidak berkembang menjadi masalah psikiatrik dewasa[3,4].

Reference:

  1. Maramis, F. Willy dan Maramis, A. Albert. 2009. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press, Ed. 2.
  2. Maslim, Rusdi. 2013. Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa Rujukan Ringkas dari PPDGJ – III dan DSM – 5. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya.
  3. Andara, Della, et al., 2000, Gangguan Penyesuain Diri pada Kaum Homosexual, Jurnal Ilmiah Psikologi, Accessed on: http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/4624
  4. ‘Aina, Qorri. 2021. Zoom Fatigue Akibat Konferensi Video, Begini Cara Atasinya! Accessed on: https://alinamed.com/blog/index.php/2021/06/16/zoom-fatigue-akibat-konferensi-video-begini-cara-atasinya/
Leave a Reply