Heboh pemberitaan mengenai pasangan suami-istri kaya raya di Indonesia yang ditangkap karena menggunakan narkoba. Hidup tak kekurangan dan serba ada nyatanya tidak membuat seseorang terhindar dari jerat narkoba. Lalu, bagaimana kiat yang tepat agar tidak terjerumus dalam keburukan narkoba?

Narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan1. Sedangkan penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian narkoba di luar indikasi medis, tanpa petunjuk/resep dokter, secara teratur atau berkala sekurang‐kurangnya selama 1 bulan2. Pada zaman sekarang, semua kalangan dapat terancam dari jerat narkoba.

Penggunaan obat-obatan terlarang jelas menimbulkan berbagai masalah. Pengguna narkoba akan mengalami gangguan kesehatan dan perilaku sosial yang rawan memicu terjadinya tindak kriminal dan kekerasan1. Anggota keluarga akan mengalami kerugian serta mengancam masa depan diri sendiri. Oleh karena itu, yuk kita hindari narkoba dengan beberapa tips berikut.

Tekuni Potensi Diri

Setiap manusia diciptakan oleh Tuhan dengan potensi masing-masing. Menyibukkan diri dengan hobi dan komunitas yang baik akan lebih bermanfaat daripada menggunakan narkoba3. Potensi dan hobi yang dilakukan bukan hanya memberikan kesenangan pada diri sendiri lho, namun jika ditekuni akan menghasilkan rupiah dan tentu saja menarik teman-teman yang suportif.

Semua Masalah Pasti Ada Solusi

Kita selalu mempunyai pilihan terbaik untuk segala sesuatu. Jangan mengambil keputusan ketika dalam kondisi yang emosional, marah, sedih, atau kecewa1. Jangan sekali-sekali mengambil jalan pintas dengan menggunakan narkoba karena sifatnya hanya sesaat dan akhirnya memperparah keadaan. Individu yang memiliki kualitas pribadi yang tangguh berani menghadapi masalah, bukan lari dari masalah. Mereka menjadikan masalah bukan sebagai batu sandungan, tetapi sebagai batu loncatan untuk menggapai prestasi yang lebih tinggi4,5.

Sadari Narkoba Membuatmu Terjerat Banyak Masalah

Obat-obatan terlarang dapat membawa kamu ke dalam masalah seperti terjerat kasus hukum, kehilangan pekerjaan, kesulitan keuangan, masalah medis, dan bahkan yang paling parah kematian3. Dengan mengingat efek negatif narkoba kamu akan menjadi lebih waspada dan tidak mudah mengikuti ajakan untuk menggunakan narkoba.

Hindari Jerat Narkoba dengan Pola Hidup Sehat dan Bugar

Ingatlah slogan ini, “Sehat itu nikmat!” “Health is Wealth!”. Kesehatan adalah aset jangka panjang untuk diri sendiri. Mempunyai pola pikir untuk menjalani pola hidup sehat adalah salah satu cara untuk terhindar dari Narkoba. Pola hidup sehat yang perlu dilakukan seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup, dan mengecek kesehatan rutin1.

Percaya diri, You’re One in Million di Muka Bumi ini!

Individu yang kurang percaya diri terhadap kemampuan dan penampilannya rawan terjerat narkoba karena berfikir dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian, sehingga mereka merasa mampu dalam pergaulan sosial4. Namun apa yang diharapkan dari zat yang hanya sesaat? Tulis hal-hal positif dalam dirimu dan sadarilah bahwa dirimu berharga. Kita semua adalah pribadi yang istimewa. Berfokus pada hal-hal positif yang ada pada dirimu dan kembangkan. Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain karena setiap manusia itu unik1.Dengan mencoba menerapkan kebiasaan diatas, anda akan terhindar dari jerat narkoba!

Referensi:

  1. BNN RI, 2012, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja. Direktorat Diseminasi Informasi Deputi Pencegahan BNN RI. https://kesbangpol.jatengprov.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Narkoba-Remaja-full.pdf, diakses 13 Juli 2021.
  2. Hanifah, A. dan Unayah, N., 2011, Mencegah dan Menanggulangi Penyalahgunaan NAPZA Melalui Peran Serta Masyarakat, Informasi vol. 06 No. 01 Tahun 2011, https://media.neliti.com/media/publications/52830-ID-mencegah-dan-menanggulangi-penyalahgunaa.pdf., diakses 13 Juli 2021.
  3. BNN R1, 2019, Cara Mengatakan Tidak Pada Narkoba, https://bnn.go.id/cara-mengatakan-tidak-pada-narkoba/, diakses 13 Juli 2021.
  4. Afiatin, T., 1998, Bagaimana Menghindarkan Diri dari Penyalahgunaan NAPZA, Buletin Psikologi, Tahun VI No. 2 Tahun 1998. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/7396/5750, diakses 13 Juli 2021.
  5. Dinaria, A. 2021. Gangguan Penyesuaian. Alinamed. https://alinamed.com/blog/index.php/2021/07/13/gangguan-penyesuaian/ . Diakses pada 13 Juli 2021.
Leave a Reply