Ketika berkendara, apakah anda pernah merasakan seperti kemasukan benda asing di mata secara tiba-tiba? Apa yang bisa anda lakukan? Yuk simak selengkapnya mengenai benda asing di konjungtiva!

Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait benda asing konjungtiva, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu konjungtiva? Konjungtiva adalah selaput transparan dan tipis yang membungkus permukaan bagian dalam pada kelopak mata. Sedangkan  benda asing konjungtiva adalah benda yang dalam keadaan normal tidak dijumpai di konjungtiva. Pada umumnya bersifat ringan, namun dapat berbahaya jika benda asingnya bersifat asam/basa atau timbul infeksi sekunder{3}.

Bagaimana gejala benda asing konjungtiva?

Gejala yang timbul akibat benda asing konjungtiva meliputi{3}:

  1. Mengganjal pada mata
  2. Nyeri pada mata
  3. Mata merah dan berair
  4. Merasa tidak nyaman jika melihat cahaya

Apa saja faktor risiko terjadinya benda asing konjungtiva?

Faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya benda asing konjungtiva meliputi{3}:

  1. Pekerja di bidang industri yang tidak memakai kacamata pelindung, seperti: pekerja gerinda, pekerja las, dan pemotong keramik.
  2. Pengendara motor yang tidak menggunakan kaca helm.
  3. Pekerja yang terkait dengan bahan-bahan kimia (asam-basa).

Apa yang bisa anda lakukan di rumah?

Tahapan yang perlu anda lakukan adalah{5,6} :

  1. Hindari mengucek mata, karena dengan mengucek, mata akan lebih banyak tergores.
  2. Cucilah tangan anda sebelum menyentuh mata.
  3. Carilah cermin dengan ruangan yang terang agar anda bisa mengetahui posisi benda asing.
  4. Pertama periksa bagian putih bola mata lalu buka kelopak mata dan periksa di bagian dalam  kelopak mata.
  5. Jika anda kesulitan, carilah bantuan orang terdekat dengan tetap memperhatikan tahapan-tahapan sebelumnya
  6. Jika sudah menemukan letak benda asing, maka anda bisa mengaliri dengan air bersih ke mata, mintalah bantuan jika anda tidak bisa melakukannya.
  7. Jangan pernah menggunakan cotton bud, tusuk gigi, pinset, atau benda padat lainnya karena dapat melukai mata.

Kapan anda harus ke dokter?

Meskipun kasus benda asing konjungtiva ini sering bisa ditangani sendiri, namun jika dengan tahapan diatas atau benda asing tetap tidak bsa terambil, benda asing berukuran besar sehingga berisiko menancap mata, maka segeralah datang ke dokter untuk mendapat penanganan lebh lanjut{5}.

Apa yang bisa terjadi jika tidak ditangani dengan baik ?

Benda asing konjungtiva  harus segera ditangani jika tidak segera ditangani dengan baik akan timbul komplikasi. Berikut ini komplikasi yang bisa terjadi :

  • Gangguan penglihatan

Jika benda asing konjungtiva tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan infeksi dan melukai kornea mata sehinga menyebabkan gangguan penglihatan. Dan jika berulang, akan timbul jaringan parut yang juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan{6}.

  • Infeksi sekunder

Benda asing yang masuk pada mata adalah benda yang tidak steril, sedangkan mata merupakan organ yang steril sehingga jika tidak segera diambil maka akan menimbulkan infeksi pada mata dan timbul nanah pada mata{5,7}. (SNJ)

Referensi:

  1. AEHI, 2016. Advanced Eye Hospital and Institute (AEHI). [online] Advancedeyehospital.com. Available at: https://advancedeyehospital.com/blog/blog?page=6  [Accessed 11 July 2021].
  2. Arief, A., 2020. Mengenal Bahaya Pakai Helm Tanpa Visor, Bukan Cuma Kelilipan. [online] liputan6.com. Available at: https://www.liputan6.com/otomotif/read/4417604/mengenal-bahaya-pakai-helm-tanpa-visor-bukan-cuma-kelilipan  [Accessed 11 July 2021].
  3. Sidarta, I. Ilmu Penyakit Mata. Edisi III. Cetakan V. Jakarta: Balai Penerbit FK UI. 2008.
  4. Bedinghaus, T., 2020. How to Get Something Out of Your Eye Safely. [online] Verywell Health. Available at: https://www.verywellhealth.com/how-to-remove-a-foreign-object-from-your-eye-3421670  [Accessed 11 July 2021].
  5. Mayo Clinic, 2021. Foreign object in the eye: First aid. [online] Mayo Clinic. Available at: https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056645  [Accessed 11 July 2021].
  6. McGrattan, J., 2021. Something in your eye? Here’s what to do. [online] Netdoctor. Available at: https://www.netdoctor.co.uk/conditions/eyes/a5329/foreign-body-in-the-eye/  [Accessed 11 July 2021].
  7. Hapsari, Kinan, 2021. Penyakit Bintitan. [online] Alinamed. Available at: https://alinamed.com/blog/index.php/2021/07/20/penyakit-bintitan-pengertian-penyebab-gejala-pengobatan/ [Accessed 21 July 2021].
Leave a Reply