Buah kelapa muda merupakan salah satu produk tanaman tropis yang banyak manfaatnya

Disamping daging buahnya dapat langsung dikonsumsi, air buah kelapa dapat langsung diminum tanpa melalui pengolahan. Manfaat air kelapa bagi tubuh diantaranya minuman yang baik bagi penderita diare, mengurangi gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit cacar, dan berbagai penyakit kulit lainnya. Hal ini disebabkan karena air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga membuat kesetimbangan elektrolit.

Manfaat air kelapa bagi tubuh

Mencegah Dehidrasi

Air kelapa biasanya dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan. Kandungan air yang ada didalam buah kelapa bisa digunakan untuk mencegah dehidrasi ringan yang dialami oleh tubuh. Tetapi tetap disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan karbohidrat yang ada didalam air kelapa dapat menambah energi yang sangat berguna untuk aktifitas sehari hari.

Mencegah Resiko terjadinya penyakit jantung

Hasil penelitian yang dilakukan Universitas Kerala di India menyebutkan orang yang menderita penyakit jantung, mungkin dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi jantung dengan minum air kelapa muda secara rutin.

Mencegah Penyakit ginjal

Pada kasus-kasus peradangan ginjal, Dr. Macalalag sebagai orologist di Filipina pada tahun 1989 telah melaporkan, bahwa selama 12 tahun melakukan penanganan terhadap 1.670 kasus penyakit ginjal, hanya 134 kasus yang penyakitnya kambuh. Perlakuan yang diberikan adalah dengan menggunakan air kelapa muda yang diminum langsung atau disuntikkan melalui urat nadi, yang terbukti efektif mencegah penyakit ginjal dan mereduksi serta melarutkan semua jenis batu ginjal (Milla dan Boceta, 1989).

Meredakah efek minuman beralkohol

Selanjutnya air kelapa muda memiliki unsur kalium (K) yang tertinggi, mencapai 7.300 mg/l. Oleh karena itu air kelapa muda berperan penting dalam meningkatkan frekuensi buang air kencing dan membantu mengeliminasi obat-obat dan antibodi-antibodi lain yang biasanya digunakan pada kasus-kasus infeksi. Selain itu membantu mempercepat absorpsi obat-obat dengan cara mempercepat konsentrasinya dalam darah dan juga sebagai penangkal penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kecanduan alkohol dan merokok. Air kelapa juga meredakan ketidaknyamanan karena mengkonsumsi alkoloh secara berlebihan.

Cara mengkonsumsi air kelapa yang baik

Agar mendapat manfaat air kelapa secara maksimal disarankan mengkonsumsi air kelapa langsung dari sumbernya yaitu dari buah kelapanya. Selain itu, disarankan juga untuk tidak menambahkan gula dalam mengonsumsi air kelapa. Jika mengkonsumsi air kelapa dari minuman kemasan pastikan dulu kemasan minuman itu tidak rusak untuk mencegah pemalsuan dari isi kemasan minuman tersebut. Jika mengkonsumsi air kelapa dari kemasan yang disimpan di lemari es, sebaiknya langsung dihabiskan setelah dibuka. (TEI)

Referensi :

  1. Tih, Fen. Pramono, Harijadi. Hasiana, Stella Tinia. Naryanto, Ersalina Tresnawati. Haryono, Albertus Gani. Rachman, Oliver. (2017). Efek Konsumsi Air Kelapa (Cocos nucifera) terhadap Ketahanan Berolahraga Selama Latihan Lari pada Laki-laki Dewasa Bukan Atlet. Global Medical and Health Communication, Vol. 5 No. 1[w2] . Diakses di https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/gmhc/article/download/1966/pdf
  2. Barlina, Rindengan. (2004). Potensi Buah Kelapa Muda Untuk Kesehatan dan Pengolahannya. Perspektif Volume 3 Nomor 2. Diakses di https://media.neliti.com/media/publications/161697-ID-potensi-buah-kelapa-muda-untuk-kesehatan.pdf
  3. Aina, Qorri. (2021) . Minum Es saat Hujan, Boleh Ga sih? Alinamed. Diakses di https://alinamed.com/blog/index.php/2021/03/01/minum-air-es-saat-musim-hujan-boleh-nggak-sih/

Leave a Reply