Selain masker kain dan medis, belakangan ini dijual masker jenis KN95 ataupun KF94. Namun, taukah kamu perbedaan keduanya?

Perbedaan Masker KN95 dengan Masker KF94

Saat ini, beragam jenis masker banyak terjual di pasaran, seperti masker kain maupun masker medis. Pemakaian masker dengan benar merupakan salah satu cara utama untuk mencegah penularan Covid-19. Masker juga dapat melindungi seseorang yang belum terinfeksi virus Covid-19, sekaligus untuk mencegah penderita menyebarkan virus Covid-19 dan penyakit yang menular lewat udara lainnya. Terlebih di tengah meningkatnya kasus virus Covid-19 varian delta yang mudah menular dan relatif lebih bergejala. Berikut ini merupakan perbedaan antara masker KN95 dengan masker KF94, diantaranya:

  • Kemampuan Filtrasi

Masker KN95 diklaim dapat menyaring partikel aerosol hingga 95%. Masker ini dapat digunakan pada masyarakat umum, terutama saat berada di lingkungan berisiko penularan rendah hingga sedang. Sedangkan Masker KF94 diklaim dapat menyaring partikel aerosol hingga 94% hingga ukuran 0.3 mikron. Makna “KF” dalam masker KF94 memiliki singkatan yakni “Korean Filter” atau filter Korea. Sedangkan angka 94 mengacu pada tingkat filtrasi atau penyaringan masker.

  • Bentuk masker

Masker KN95 memiliki bentuk yang dirancang mirip tenda, sehingga terdapat sedikit kantong udara antara hidung dan masker. Masker tersebut relatif lebih mudah untuk bernapas dan tidak terlalu menyesakkan saat digunakan. Sedangkan maskerKF94 dilengkapi dengan fitur pengait telinga, kawat di atas tulang hidung yang dapat disesuaikan, dan bagian samping masker yang lebih rapat.

  • Pemakaian masker

Masker KN95 dapat digunakan oleh tenaga medis maupun masyarakat luas. Penggunaan masker tersebut tidak perlu dilapisi oleh masker lainnya. Masker KN95 disebut lebih protektif dan praktis dibandingkan dengan masker bedah biasa ataupun masker kain tiga lapis.

Seperti dengan masker KN95, pada masker KF94 tersebut dapat digunakan pada masyarakat umum, terutama saat berada di lingkungan yang berisiko penularan rendah hingga sedang.

Cara menghindari masker palsu

Terdapat beberapa langkah untuk menghindari membeli masker palsu, diantaranya:

  1. Waspadalah terhadap penjual baru yang tampaknya bermunculan entah dari mana
  2. Belilah,masker dari penjual ternama, seperti CVS atau Walgreens, yang memiliki proses pemeriksaan produk grosir
  3. Perhatikan baik – baik peringkat penjual dan ulasan produk
  4. Masker ganda/dobel jika tidak yakin dengan kualitas masker
  5. Periksa daftar produk dan URL untuk memastikan namanya cocok

Cara Menggunakan Masker dengan benar

Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, diperlukan cara menggunakan masker yang benar, diantaranya:

  1. Pasang masker dengan posisi yang tepat yang menutupi hidung, mulut, dan dagu
  2. Sebelum menggunakan masker, bersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir, ataupun dapat menggunakan hand sanitizer
  3. Pastikan tidak ada sela ataupun celah antara wajah dan masker
  4. Apabila masker yang telah dipakai sudah terasa basah ataupun lembap, segera ganti dengan masker yang baru
  5. Hindari untuk menyentuh masker saat digunakan dan apabila tersentuh, segera untuk membersihkan tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer
  6. Setelah digunakan, lepaskan masker dari bagian tali di belakang telinga dan pastikan pula untuk mencuci tangan setelahnya [BAY]

Referensi:

  1. Kesehatan.kontan.co.id, 2021, Ini Perbedaan Masker N95, KN95, KF94, dan Tips Memilih Masker yang aman https://kesehatan.kontan.co.id/news/ini-perbedaan-masker-n95-kn95-kf94-dan-tips-memilih-masker-yang-aman?page=all [dilihat pada 26 Juli 2021].
  2. Agustin, Sienny, 2021, Kenali 5 Jenis Masker untuk Melindungi Diri dari Polusi dan Kuman https://www.alodokter.com/masker-anda-belum-tentu-bermanfaat [dilihat pada 26 Juli 2021]
  3. Ikhsania, Annisa Amalia, 2021, Masker KF94, Bagaimana Efektivitasnya dalam Menghalau Virus Penyebab Covid-19 ? https://www.sehatq.com/artikel/masker-kf94-bagaimana-efektivitasnya-dalam-menghalau-virus-penyebab-covid-19 [dilihat pada 26 Juli 2021].
  4. Maharani, Ayu, 2021, Mulai Banyak Digunakan, Bagaimana Efektivitas Masker KF94 ? https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3647975/mulai-banyak-digunakan-bagaimana-efektivitas-masker-kf94 [dilihat pada 26 Juli 2021].
  5. Technoglitz.com, N95. KN95. Masker KF94: Apa Bedanya Dari mana yang harus anda gunakan ? https://technoglitz.com/indonesia/n95-vs-kn95-vs-masker-kf94-apa-bedanya-dan-mana-yang-harus-anda-gunakan/  [dilihat pada 26 Juli 2021].
  6. Ar-Rayyan,Ihya U, 2021, Penting! Cara Buang Masker yang Benar. https://alinamed.com/blog/index.php/2021/07/29/penting-cara-buang-masker-yang-benar/ [dilihat 11 Agustus 2021].
Leave a Reply