Pengertian Influenza[1]

Influenza atau lebih sering disebut dengan Flu adalah kumpulan gejala pernapasan yang diakibatkan infeksi virus. Masuknya virus ke saluran pernapasan memiliki masa inkubasi di tubuh bervariasi tergantung penyebabnya. Timbulnya gejala flu pun bervariasi bergantung pada tipe virus penyebabnya, umumnya 7-10 hari. Virus pada saluran pernapasan masuk melalui hidung, lalu ke tenggorokan dan beberapa bisa meluas hingga ke dalam paru-paru.

Gejala[1,2]

Umumnya gejala flu muncul dengan cepat setelah masuknya virus ke dalam tubuh. Gejala pernapasan yang dialami pasien bertahan selama beberapa hari, berikut beberapa gejala yang dialami akibat infeksi virus influenza :

  • Demam
  • Nyeri otot
  • Batuk kering
  • Hidung berair
  • Mata berair
  • Sakit kepala
  • Nyeri tenggorokan atau tenggorokan gatal
  • Menurunnya nafsu makan
  • Meriang dan muncul keringat dingin

Apabila mendapati gejala flu seperti di atas, anda perlu memastikan virus penyebabnya dengan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Penyebab[1,3]

Penyebab flu adalah virus influenza yang berpindah dari manusia ke manusia lainnya melalui droplet yang dikeluarkan ketika bernapas, berbicara, dan bersin/batuk. Partikel droplet yang mengandung virus sangatlah kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang. Virus yang terbawa oleh droplet dapat menempel pada permukaan benda dan tidak sengaja masuk ke mata, hidung, mulut melalui tangan yang sudah terkontaminasi. Manusia yang terinfeksi virus influenza dapat menularkan ke manusia lain bahkan sebelum muncul gejala. Pada orang yang memiliki imun rendah rentan tertular dan gejala flu dapat bertahan lebih lama.

Virus Influenza sangat cepat bermutasi dengan jenis strain yang baru. Bila seseorang terinfeksi suatu strain virus maka tubuhnya akan mengenali dan membentuk antibodi terhadap virus tersebut, namun tidak terhadap virus mutasi yang baru.

Faktor resiko[1,4]

Beberapa orang yang lebih rentan mengalami flu adalah:

  • Kondisi imun yang lemah
  • Usia lanjut dan balita/anak-anak
  • Ibu hamil
  • Memiliki penyakit komorbid seperti diabetes melitus, obesitas, autoimun, asma, penyakit jantung
  • Kondisi tubuh yang kelelahan

Diagnosis[1,2]

Dokter mendiagnosis pasien melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila dibutuhkan untuk mengetahui penyebab pasti dari flu. Pemeriksaan penunjang dapat berupa laboratorium darah, foto rontgen, dan swab PCR.

Pengobatan Influenza[2,5]

Flu oleh virus influenza yang umum tidak memerlukan pengobatan khusus. Biasanya flu akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari setelah gejala muncul. Obat-obatan yang diberikan oleh dokter adalah untuk meredakan gejala seperti anti demam, obat batuk/pilek, dan vitamin. Apabila flu diakibatkan oleh virus, maka antibiotik tidak bermanfaat dalam menyembuhkan infeksi virus karena antibiotik hanya terbukti efektif untuk infeksi bakteri. Istirahat yang cukup dan makan-makanan bergizi membantu memulihkan kondisi tubuh. Periksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan bila gejala berlanjut.

Pencegahan Influenza[1,2,6]

Pencegahan yang dilakukan untuk menghindari seseorang terinfeksi virus influenza adalah sebagai berikut:

  • Selalu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat
  • Memakai masker bila bepergian dan berada di tempat umum
  • Mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh area wajah dapat menghindari perpindahan virus dari kontak permukaan yang sudah terkontaminasi
  • Sesuai rekomendasi WHO, anda dapat melakukan vaksin influenza setiap tahun, mengingat virus influenza yang bermutasi cepat. Vaksin influenza terbukti aman dan efektif untuk mencegah infeksi virus influenza.

Anda juga dapat mengetahui lebih lanjut mengenai infeksi pernafasan lain dan berita kesehatan terkini di aplikasi Alinamed[7].(LIO)

Referensi:

  1. Mayo Clinic. 2021. Influenza (flu) – Symptoms and causes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/symptoms-causes/syc-20351719  [Diakses 15 Juli 2021].
  2. Encyclopedia, M., 2021. Flu: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/article/000080.htm [Diakses 15 Juli 2021].
  3. Centers for Disease Control and Prevention. 2021. How Flu Spreads. https://www.cdc.gov/flu/about/disease/spread.htm> [Diakses 15 Juli 2021].
  4. Centers for Disease Control and Prevention. 2021. People at High Risk of Flu. https://www.cdc.gov/flu/highrisk/index.htm [Diakses 15 Juli 2021].
  5. Centers for Disease Control and Prevention. 2021. Flu Treatment. https://www.cdc.gov/flu/treatment/index.html [Diakses 15 Juli 2021].
  6. Euro.who.int. 2021. Vaccination. https://www.euro.who.int/en/health-topics/communicable-diseases/influenza/vaccination [Diakses 15 Juli 2021].
  7. Christi, L., 2021. Viral Ciutan Dokter Amerika perihal Covid-19, Siapakah Beliau? -Alinamed. Alinamed. https://alinamed.com/blog/index.php/2021/07/07/viral-ciutan-dokter-amerika-perihal-covid-19-siapakah-beliau/ [Diakses 15 Juli 2021].

Leave a Reply