Apakah berbahaya jika timbul bercak darah pada mata? Yuk baca dan simak selengkapnya mengenai perdarahan subkonjungtiva!

Pengertian Perdarahan Subkonjungtiva

Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait perdarahan subkonjungtiva, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu konjungtiva? Konjungtiva adalah selaput transparan dan tipis yang membungkus permukaan bagian dalam pada kelopak mata dan permukaan bagian depan sklera (bagian putih mata). Sedangkan perdarahan subkonjungtiva adalah perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah dibawah lapisan konjungtiva. Umumnya keadaan ini mengenai salah satu mata saja dan terjadi secara  spontan, hanya sebagian kecil saja yang disebabkan oleh trauma  dan kelainan sistemik{2}.

Gejala Perdarahan Subkonjungtiva

Umumnya sebagian besar perdarahan subkonjungtiva tidak bergejala, hanya terlihat bercak darah pada bagian putih mata. Jika bercak darah tipis maka  mata berwarna merah terang dan jika bercak darah tebal maka mata berwarna merah tua{2}.

Faktor Risiko?

Faktor risiko yang dapat  menyebabkan pembuluh darah kecil pecah di area mata meliputi{2,3,4,5}:

  • Hipertensi atau arterosklerosis
  • Trauma tumpul atau tajam (Benda asing)
  • Penggunaan obat, terutama pengencer darah
  • Batuk hebat, bersin, dan muntah terlalu kuat, yang dapat meningkatkan tekanan pada mata yang berakibat pecahnya pembuluh darah kecil pada mata
  • Benda asing pada mata yang dapat melukai area mata
  • Konjungtivitis (infeksi pada konjungtiva)

Penanganan Perdarahan Subkonjungtiva

Pertama saat anda mengalami bercak darah pada mata, yang perlu anda lakukan adalah tidak perlu khawatir atau cemas karena perdarahan tersebut memang dapat terlihat meluas dalam 24 jam pertama{4}, namun setelah itu ukurannya akan berkurang secara bertahap dan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu atau lebih. Namun hal itu tidak berlaku jika anda mengalami kondisi berikut{4}:

  • Apabila penyebabnya hipertensi, maka anda perlu minum obat antihipertensi sesuai anjuran doctor.
  • Jika disebabkan karena infeksi pada mata, maka dokter akan memberikan obat antibiotik sesuai kebutuhan.
  • Apabila disebabkan karena penggunaan obat pengencer darah maka dokter yang akan menentukan penanganan lebih lanjut.
  • Jika disebabkan karena trauma, maka dokter dapat melakukan tindakan operasi untuk mengatasinya. 

Pencegahan Perdarahan Subkonjungtiva

Jika anda mempunyai faktor risiko yang dapat diketahui, seperti pengidap hipertensi dan konsumsi obat pengencer darah maka kondisi tersebut dapat dilakukan pencegahan. Langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan menanyakan kepada dokter, nanti dokter yang akan menentukan{6}. Jika anda termasuk yang tidak mempunyai faktor risiko, maka anda cukup merawat mata dengan baik, tidak mengucek terlalu keras, dan jika terdapat benda asing pada mata lakukan penganganan dengan tepat sehingga tidak melukai mata dan tidak menyebabkan perdarahan pada mata{6}. (SNJ)

Referensi:

  1. Sarika, D., 2019. Apakah Perdarahan Subkonjungtiva pada Anak Berbahaya?. [online] Kejora Indonesia. Available at: http://kejoraindonesia.com/apakah-perdarahan-subkonjungtiva-pada-anak-berbahaya/  [Accessed 11 July 2021].
  2. Mayo Clinic, 2020. Subconjunctival hemorrhage (broken blood vessel in eye) – Symptoms and causes. [online] Mayo Clinic. Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/subconjunctival-hemorrhage/symptoms-causes/syc-20353826  [Accessed 11 July 2021].
  3. Media Encyclopedia, 2021. Subconjunctival hemorrhage: MedlinePlus Medical Encyclopedia. [online] Medlineplus.gov. Available at: https://medlineplus.gov/ency/article/001616.htm  [Accessed 11 July 2021].
  4. Boyd, K., 2021. What is a Subconjunctival Hemorrhage?. [online] American Academy of Ophthalmology. Available at: https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-subconjunctival-hemorrhage  [Accessed 11 July 2021].
  5. Jannah, Siti N., 2021. Benda Asing di Konjungtiva, Apa Yang Bisa Kita Lakukan?. [online] Alinamed. Available at: https://alinamed.com/blog/index.php/2021/07/21/benda-asing-di-konjungtiva-apa-yang-bisa-kita-lakukan/  [Accessed 11 July 2021].
  6. Seltman, W., 2020. Subconjunctival Hemorrhage. [online] WebMD. Available at: https://www.webmd.com/eye-health/bleeding-in-the-eye#1  [Accessed 11 July 2021].
Leave a Reply