Sinar matahari pagi mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Semua usia dapat memanfaatkan sinar matahari untuk keperluan hariannya. Lalu adakah manfaat khusus sinar matahari bagi tubuh? Benarkah matahari pagi bermanfaat bagi kesehatan?

Manfaat sinar matahari pagi1,2,3

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sumber Vitamin D untuk fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf
  • Meningkatkan aktivitas sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi (sel T)
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Mengatasi penyakit kulit
  • Mencegah depresi
  • Menekan risiko kanker
  • Membantu proses penyembuhan bagi penyintas Covid-19

Kapan waktu terbaik berjemur?

Menurut Kementerian Kesehatan, ada beberapa anjuran agar mendapatkan manfaat optimal dari berjemur di bawah paparan sinar matahari. Anak-anak dan orang dewasa disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi sebanyak tiga kali seminggu. Paparan sinar matahari yang paling baik disebut sejak matahari terbit hingga pukul 09.00.⁴

Semakin lama berjemur tidak berarti Anda akan memperoleh manfaat sinar matahari pagi yang lebih banyak. Berjemur terlalu lama justru bisa membuat kulit mengalami peradangan dan tubuh kurang terhidrasi. Durasi berjemur yang dianjurkan berkisar 15 – 20 menit saja tiap hari pada waktu yang dianjurkan.⁴

Tips aman berjemur di bawah sinar matahari

  • Gunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung minimal SPF 30 di seluruh permukaan kulit wajah (hindari area mata) dan tubuh (terutama tangan dan kaki).
  • Oleskan lotion SPF antara 15 menit sebelum berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan agar tersedia cukup waktu untuk kulit menyerap lotion sehingga dapat bekerja secara efektif.
  • Sebaiknya cari tempat yang baik dan nyaman agar Anda bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu tertutup sehingga sinar matahari langsung mengenai kulit.
  • Saat berjemur di bawah sinar matahari, Anda tidak harus berdiam diri. Lakukanlah aktivitas lain, seperti jalan santai, duduk atau membaca buku di area terbuka, menyiram bunga, berkebun, mencuci kendaraan, menyapu halaman rumah, dan lain sebagainya.
  • Cukupi asupan air putih apabila Anda menghabiskan waktu yang cukup lama di bawah sinar matahari
  • Beristirahatlah atau menyudahi berjemur jika kulit mulai terasa panas.⁵

Terbukti banyak yang dapat kita manfaatkan dari sinar matahari, khususnya bagi kesehatan. Segera manfaatkan sinar matahari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang akan berdampak baik untuk pencegahan paparan virus covid-19. Untuk informasi menarik lainnya perihal manfaat matahari untuk kesehatan tubuh kunjungi tautan https://alinamed.com atau klik (Alinamed App), beragam informasi kesehatan yang dapat diperoleh secara gratis!6 (LOV)

Referensi:

  1. Felson, Sabrina. 2020, Sunlight and Your Health, https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-sunlight-health-effects (dilihat 13 Agustus 2021)
  2. GUMC. 2016, Sunlight Offers Surprise Benefit – It Energizes Infection Fighting T Cells, https://gumc.georgetown.edu/news-release/sunlight-offers-surprise-benefit-it-energizes-infection-fighting-t-cells/ (dilihat 13 Agustus 2021)
  3. Healthline. 2019, What Are the Benefits of Sunlight?, https://www.healthline.com/health/depression/benefits-sunlight#_noHeaderPrefixedContent (dilihat 13 Agustus 2021)
  4. Kemenkes. 2018, Cukup vitamin D dan sinar matahari agar mencapai kepadatan tulang yang optimal, www.p2ptm.Kemkes.go.id (dilihat 13 Agustus 2021)
  5. NHS. 2018, How to get vitamin D from sunlight, https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-get-vitamin-d-from-sunlight/ (dilihat 13 Agustus 2021)
  6. Aina, Qorri. 2021, Seharian #Dirumahaja, Apa Masih Perlu Memakai Sunscreen?, https://alinamed.com/blog/index.php/2021/06/10/seharian-dirumahaja-perlu-memakai-sunscreen/ (dilihat 13 Agustus 2021)
Leave a Reply