Dirgahayu Republik Indonesia! Semarak perayaan kemerdekaan Indonesia telah bergema di seluruh daerah mulai dari Sabang hingga Merauke.

Walaupun perayaan kemerdekaan kali ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, namun hal itu tidak meruntuhkan semangat kemerdekaan dalam diri yang membara. Upacara tetap dilakukan di tempat-tempat tertentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Inilah bentuk Indonesia untuk melawan pandemi.

Tujuh puluh enam tahun sudah bangsa kita merdeka, kemerdekaan ini dapat kita rasakan berkat perjuangan para pahlawan dan juga atas ijin Tuhan yang Maha Esa. Namun, perjuangan ini tidak berhenti disini, masih banyak perjuangan yang harus kita lakukan untuk negeri tercinta. Salah satu badai besar yang masih harus kita perjuangkan adalah bersama-sama saling bahu membahu untuk bebas dari pandemi COVID-19. Agar tetap semangat, mari kita sejenak melihat seberapa besar perjuangan yang sudah kita dan pemerintah lakukan. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Upaya Indonesia Melawan Pandemi COVID-19

Virus COVID-19 ditemukan pertama pada bulan November 2019 di Wuhan, China yang kemudian dengan cepat menyebar ke berbagai penjuru dunia. Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, pemerintah melakukan banyak upaya untuk mengatasi pandemic ini,diantaranya:

  • Melakukan pengawasan ketat terhadap jalur masuk ke Indonesia melalui deteksi dini pada bandara, pelabuhan, dan pos lintas batas darat[1].
  • Menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pertama kali di Jakarta pada bulan April 2020[3].
  • Memberlakukan larangan mudik pertama kali juga pada bulan April 2020[4]
  • Menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1,2,3,4[5].

Apa yang dapat kita lakukan?

Meskipun berbagai cara telah dilakukan, kasus COVID-19 masih tetap ada dan menjadi masalah untuk kita semua. Oleh karena itu, mari kita jadikan momentum Hari Kemerdekaan Indonesia sebagai penyemangat untuk tetap tangguh dan bangkit bersama-sama. Apa yang bisa kita lakukan sekarang ini:

  • Taat protokol kesehatan

Tetap taatilah protokol kesehatan, dengan selalu menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan agar kita dapat melindungi diri sendiri, keluarga, ataupun orang lain terhadap penularan virus COVID-19[6]. Dengan setiap dari kita patuh dan taat akan protokol kesehatan maka kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus COVD-19 sehingga kita bisa terbebas dari pandemi ini.

  • Taat terhadap peraturan yang sudah dibuat pemerintah

Taatilah peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah, karena peraturan tersebut pasti dibuat dengan banyak pertimbangan dan yang jelas dibuat untuk kepentingan bersama.

  • Gotong royong

Pandemi ini memang membatasi kita dalam melakukan kegiatan namun hal tersebut tidak membatasi kita untuk bergotong royong bahu membahu untuk saling membantu sesama. Yang merasa hidup berkecukupan harus membantu saudara kita yang kekurangan. Dan untuk yang belum berkecukupan, tetaplah berusaha untuk hidup dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan tolong menolong, pandemi ini diharapkan dapat segera berakhir dan kita bisa melakukan aktifitas seperti sedia kala. Mari kobarkan semangat kemerdekaan dalam semangat Indonesia melawan pandemi. (SNJ)

Referensi :

  1. Kompaspedia, 2020. Upaya dan kebijakan pemerintah Indonesia menangani pandemi COVID-19. [online] Kompaspedia. Available at: https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/upaya-dan-kebijakan-pemerintah-indonesia-menangani-pandemi-covid-19  [Accessed 18 August 2021].
  2. Indonesia.go, 2020. Kasus COVID-19 pertama masyarakat jangan panik. [online] Indonesia.go. Available at: https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik [Accessed 18 August 2021].
  3. Cnnindonesia, 2020. Perjalanan PSBB Jakarta hingga kembali ke titik nol. [online] Cnnindonesia. Available at: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200911061829-20-545178/perjalanan-psbb-jakarta-hingga-kembali-ke-titik-nol  [Accessed 18 August 2021].
  4. Cnnindonesia, 2020. Hari pertama larangan mudik ribuan pengendara putar balik. [online] Cnnindonesia. Available at: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200424200300-12-497134/hari-pertama-larangan-mudik-ribuan-pengendara-putar-balik [Accessed 18 August 2021].
  5. Kompas, 2021. Ini perbedaan aturan PPKM level 1 2 3 dan 4. [online] Kompas. Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/31/150000165/ini-perbedaan-aturan-ppkm-level-1-2-3-dan-4  [Accessed 18 August 2021].
  6. Ar-Rayyan, I., 2021. Seberapa Bahaya Varian COVID-19 Delta Plus? [online] Alinamed. Available at: https://alinamed.com/blog/index.php/2021/08/11/seberapa-bahaya-varian-covid-19-delta-plus/  [Accessed 18 August 2021].
Leave a Reply