Apa itu Kesehatan Mental?

Menurut organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO), sehat merupakan suatu kondisi yang lengkap dan utuh secara fisik, mental dan kesejahteraan sosial termasuk ekonomi. Sehat bukan sekedar secara fisik saja, namun juga berkaitan dengan sehat secara psikis untuk mencapai kesejahteraan di sosial pula. Selain itu WHO juga mendefinisikan kesehatan mental sebagai kondisi kesejahteraan individu yang menyadari potensinya sendiri, dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat bekerja secara produktif dan dapat memberikan kontribusi yang baik pada sekitar [1].

Kenapa Penting?

Karena dapat membantu kita untuk [2]

  • Mudah mengatasi tekanan dan masalah dalam hidup
  • Sehat secara jasmani
  • Memiliki hubungan sosial yang baik
  • Menjadi lebih produktif
  • Mengenal diri sendiri lebih dalam
  • Mengurangi resiko dari penyakit-penyakit kronis lainnya. Seperti stroke, diabetes mellitus dan penyakit hati.

Kebanyakan dipengaruhi oleh adanya faktor pengalaman hidup seperti dari suatu trauma akan suatu kejadian, dan juga gaya hidup mulai dari konsumsi asupan, aktivitas fisik, dan juga penggunaan zat atau obat tertentu.

Tanda-Tanda Kena Penyakit Mental

Tidak ada tes secara fisik maupun pengecekan semacamnya secara nyata menunjukkan tentang keadaan seseorang. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila seseorang sudah mulai terkena penyakit mental diantaranya :

  • Mulai menjauhi teman, keluarga maupun kerabat
  • Mengurangi aktivitas yang biasanya dilakukan sebagai hobi
  • Terlalu banyak atau sedikit tidur
  • Menambah atau mengurangi porsi makan secara drastis
  • Merasa putus asa
  • Menggunakan zat-zat atau obat-obatan yang dapat mengubah suasana hati (alcohol, nikotin)
  • Merasa kebingungan
  • Mengalami delusi (sulit membedakan imajinasi dan kenyataan)

Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental juga dapat ditingkatkan dari berbagai aktifitas yang positif. [3]

  1. Bicarakan tentang perasaan

Membicarakan perasaan dapat membantu kita untuk menstabilkan kesehatan mental dan menjadi lebih mudah menerima di berbagai keadaan. Bicarakan perasaan dengan orang terdekat yang pastinya juga mengetahui tentang diri kita.

  1. Aktif berkegiatan

Berolahraga ringan juga dapat meningkatkan kecintaan pada diri dan dapat meningkatkan konsentrasi, kenyamanan tidur, dan kualitas hidup menjadi lebih baik.

  1. Konsumsi makanan yang baik

Apa yang kita makan adalah menggambarkan diri kita, dengan merubah pola konsumsi menjadi lebih sehat tentunya dapat memperbaiki diri kita sendiri.

  1. Memperbaiki hubungan dengan orang terdekat

Kuatnya hubungan keluarga ataupun teman dapat membantu kita lebih mudah menghadapi kejenuhan ataupun stres yang sedang dialami

  1. Lakukan konsultasi kesehatan mental

Kepada siapa kita perlu mengkonsultasikan kondisi kesehatan mental kita? Tentu dapat kita lakukan kepada dokter, psikiater atau juga psikolog. Dengan berkonsultasi, dokter dapat mendiagnosis [4] bagaimana keadaan mental kita! Ada berbagai macam platform yang dapat kita gunakan, salah satunya melalui layanan Konsultasi Online melalui aplikasi Alinamed! [RAY]

Referensi:

[1] Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental (Vol. 124). Duta Media Publishing.

[2] MedlinePlus. (2021). Mental Health. https://medlineplus.gov/mentalhealth.html

[3] Mental Health Foundation. (2021). How to Look After Your Mental Health. https://www.mentalhealth.org.uk/publications/how-to-mental-health

[4] Mulia, L. C. A. (2021). Gangguan Psikotik Akut. https://alinamed.com/blog/index.php/2021/08/01/gangguan-psikotik-akut/

Leave a Reply