Pengertian

Kandidiasis oral adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur yang disebut candida. Candida umumnya hidup normal di kulit, mulut, tenggorokan, saluran pencernaan dan vagina tanpa menimbulkan masalah. Namun, kadang-kadang candida dapat tumbuh sangat banyak sehingga menimbulkan masalah kesehatan(1). Kondisi seperti orang dengan HIV, penyakit kronis, atau pada anak-anak.

Gejala

Gejala yang muncul dapat bervariasi antar individu, diantaranya adalah(1) :

  • Plak putih di pipi bagian dalam, lidah, atap mulut dan tenggorokan.
  • Kemerahan di rongga mulut
  • Nyeri rongga mulut
  • Berkurang dalam pengecapan
  • Nyeri Telan
  • Nyeri tenggorokan
  • Luka di sudut bibir

Penyebab Kandidiasis Oral

Kandidiasis disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di mulut. Penyebab tidak terkendalinya pertumbuhan jamur ini dikarenakan mulut berubah menjadi lingkungan yang ramah bagi jamur untuk tumbuh. Beberapa kondisi tersebut seperti adanya iritasi lokal yang kronik, perawatan rongga mulut yang kurang memadai, penggunaan obat-obatan tertentu, makanan yang dikonsumsi, gangguan imunitas dan endokrin, mempunyai riwayat penyakit kronis, nutrisi yang tidak adekuat, usia maupun kebiasaan merokok(2).

Faktor resiko Kandidiasis Oral

Beberapa faktor resiko kandidiasis oral adalah(1,3) :

  • Bayi berumur kurang dari 1 tahun
  • Orang dengan gigi palsu
  • Penderita diabetes
  • Penderita HIV/AIDS
  • Mengkonsumsi antibiotik atau kortikosteroid, termasuk kortikosteroid hirup pada pasien asma
  • Mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan mulut kering
  • Merokok

Diagnosis Kandidiasis Oral

Dokter akan melakukan penilaian rongga mulut dan keluhan yang dirasakan. Selain itu dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang dengan mengambil sedikit jaringan pada plak putih yang dicurigai jamur dengan cara menggores plak tersebut sebagian. Kemudian dokter akan melakukan kultur dan pemeriksaan dibawah mikroskop untuk mengetahui apakah organisme tersebut adalah jamur. Namun jika dicurigai terdapat jamur pada tenggorokan lebih dalam maka dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan dengan endoskopi. Endoskopi adalah prosedur pemeriksaan saluran pencernaan menggunakan perangkat berbentuk tabung yang disertai dengan cahaya dan kamera(1,2).

Pengobatan Kandidiasis Oral

Dokter akan melakukan pengobatan untuk mengurangi perkembangbiakan jamur, mengurangi keluhan dan mencegah penyebaran jamur ke seluruh tubuh. Terapi kandidiasis oral dilakukan dengan pengobatan topikal yakni dengan menggunakan salep anti jamur hingga plak jamur hilang. Kemudian pengobatan dilanjutkan selama dua minggu setelah plak hilang. Jika terapi topikal mengalami kegagalan maka dokter akan memberikan obat anti jamur yang diminum.

Pencegahan Kandidiasis Oral

Pencegahan utama kandidiasis oral adalah dengan menjaga higienitas mulut. Sikat gigi dan kumur-kumur setelah menggunakan obat kortikosteroid hirup seperti yang terdapat dalam obat-obatan asma(1).

Dapatkan juga info mengenai penyakit lainnya hanya di aplikasi Alianamed(4). (IMA)

Referensi:

  1. CDC. 2021. Candida Infection of the Mouth, Throat, and Esophagus. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). https://www.cdc.gov/fungal/diseases/candidiasis/thrush/index.html. Diakses 18 Juli 2021.
  2. Ambarawati, I.G.A.D. 2017. Laporan Kasus Oral Candidiasis. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/12846/1/1ebd826e5176b98d4a5df1907b53da75.pdf. Diakses 18 Juli 2021.
  3. Hakim, L., Ramadhian M. R. 2015. Kandidiasis Oral. Majority Vol. 4 Nomor 8 Halaman 53-57. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/download/1407/1251. Diakses 18 Juli 2021.
  4. Permatasari, Intan. 2020. Jangan Minder, Cermati 4 Makanan Penangkal Cairan Becek di Miss V. Alinamed. https://alinamed.com/blog/index.php/2020/07/28/jangan-minder-cermati-4-makanan-penangkal-cairan-becek-di-miss-v/.  Diakses pada 18 Juli 2021.
Leave a Reply