Saffron dikenal masyarakat karena memiliki beragam manfaat. Hal inilah yang membuat bunga Saffron tergolong mahal. Mengapa bisa mahal? Apakah worth it?

Di Indonesia, saffron banyak diburu masyarakat karena memiliki kandungan yang dapat mengobati beberapa penyakit. Selain itu, bunga ini biasa digunakan sebagai bahan penyedap rasa, pewarna minuman dan makanan, hingga perawatan untuk kulit. Yuk kenalan dulu apa itu bunga Saffron?

Apa itu Saffron?

Saffron merupakan tangkai putik dari bunga crocus sativus atau yang lebih dikenal dengan nama saffron crocus, yang berasal dari Yunani. Sebagai rempah dari bunga yang dikeringkan, saffron dapat memberikan aroma manis bunga.⁴

Penggunaan saffron bisanya hanya diperlukan beberapa putik daun saja, karena walaupun hanya sedikit namun khasiat yang didapatkan sudah tercukupi. Selain itu harganya sudah tergolong mahal, mengapa? ⁴

Mengapa bunga saffron mahal?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bunga saffron tergolong mahal: ³

1. Kualitas komponen

Kandungan bunga saffron memiliki beberapa komponen kimia yaitu picrocrocin, crocin dan safranal. Kualitas saffron dipengaruhi oleh 3 komponen kimia tersebut. Picrocrocin, crocin dan safranal dikenal mahal karena mampu menimbulkan rasa, warna, dan aroma khas saffron.

2. Perawatan panen yang tergolong sulit

Untuk menghasilkan satu kilogram saffron dibutuhkan sekitar 340.000 bunga saffron crocus. Sebab, dalam satu kuncup bunga hanya terdapat tiga tangkai putik yang akan diambil untuk menjadi rempah-rempah.

3. Masa tumbuh yang singkat

Dalam sejarah mencatat bahwa saffron pertama kali ditanam di Iran. Secara umum, pertumbuhan tanaman ini terjadi hanya seminggu dalam setahun. Sampai saat ini, total 90% saffron di dunia diproduksi di negara Iran. Masa tumbuh saffron yang singkat ini membuat stoknya terbatas dan eksklusif, layak dinilai dengan harga mahal.

4. Membutuhkan lingkungan khusus

Bunga saffron dengan kualitas terbaik hanya bisa tumbuh dalam kondisi khusus seperti area yang kering, mendapat banyak sinar matahari, serta curah hujan cukup.

Berapa harga saffron di Indonesia?

Harga yang dipasarkan bunga saffron di Indonesia sangat beragam. Saffron dapat ditemukan di e-Commerce dan toko khusus bumbu makanan. Harganya yang mahal membuat saffron dijual mulai dari ukuran gram.¹

Saffron premium dengan kualitas grade A dijual Rp 46.500 per 0,5 gram. Disimpulkan, 1 kg bunga saffron di jual dengan harga Rp 93 juta. Ada pula saffron jenis Turki dijual dengan harga Rp 215 ribu per 2 gram. Artinya, 1 kg saffron ini dibandrol dengan harga Rp 107,5 juta.¹

Manfaat saffron untuk kesehatan

Selain perawatan untuk panen saffron yang cukup sulit, alasan lain mengapa harga saffron mahal yaitu banyaknya khasiat yang terkandung pada bunga ini, sebagai berikut: ²

1. Mengobati penyakit diabetes

Pada penelitian awal, beberapa peneliti mengungkapkan saffron dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Menurut para ahli, ekstrak saffron juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam  darah.

2. Membantu mengatasi nyeri haid dan gejala PMS

Pada sebuah penelitian, kelompok wanita yang yang sedang mengalami masa haid mengonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalami gejala fisik dan emosional premenstrual syndrome (PMS) yang lebih ringan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi kapsul berisi saffron tersebut.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalam bunga saffron diyakini dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah pembuluh darah tersumbat.³

4. Membantu melawan kanker

Saffron memiliki kandungan yang mampu menetralkan radikal bebas, bunga ini disebut dapat berperan dalam memberantas sel kanker usus besar. Krosin yang merupakan kandungan antioksidan utama dalam saffron dipercaya membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.³

Karena banyaknya khasiat dan cara panen yang sulit itulah yang menjadikan bunga saffron ini dipatok dengan harga mahal. Selain itu, hanya negara khusus yang dapat menghasilkan produksi bunga saffron.

Ingin mengetahui berbagai fakta unik lain terkait kesehatan? Kunjungi website https://alinamed.com/blog untuk mendapat informasi menarik yang bisa kamu dapatkan secara gratis!5 (LOV)

Referensi:

  1. CNN Indonesia. 2020, Saffron Jadi Bumbu Termahal, Berapa Harganya di Indonesia?, https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201211112330-262-580860/saffron-jadi-bumbu-termahal-berapa-harganya-di-indonesia (dilihat 25 Agustus 2021)
  2. Healthline. 2019, 11 Impressive Health Benefits of Saffron, https://www.healthline.com/nutrition/saffron (dilihat 25 Agustus 2021)
  3. Shafiee, dkk. 2018, Saffron in the Treatment of Depression, Anxiety and Other Mental Disorders: Current Evidence and Potential Mechanisms of Action. J. Affect. Disord. 227: pp. 330-7. (dilihat 25 Agustus 2021)
  4. Web MD. 2018, Saffron, https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-844/saffron (dilihat 25 Agustus 2021)
  5. Lestari, Lovinia Cipta. 2021, Jangan Dibuang, Inilah Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan, https://alinamed.com/blog/index.php/2021/08/20/jangan-dibuang-inilah-manfaat-biji-pepaya-untuk-kesehatan/ (dilihat 25 Agustus 2021)
Leave a Reply